Harga BBM Naik, Hidup Buruh Makin Terpuruk

 
Jika rencana kenaikan harga BBM  benar-benar dilaksanakan pemerintah pada 1 April mendatang, kehidupan kalangan buruh diperkirakan bakal makin terpuruk.
Sebab, kalangan buruh di Kabupaten Temanggung, sejak Januari lalu, sudah merasakan makin mahalnya kebutuhan hidup sehari-hari.
“Kalau harga BBM jadi naik, kehidupan buruh makin berat. Oleh karena itu, kami menuntut perusahaan memberikan penghasilan tambahan,” kata Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Temanggung, Sudjarwo.
Meski secara resmi harga BBM belum naik saja, harga sejumlah kebutuhan pokok terus merangkak naik, sementara pendapatan tidak bertambah. Apalagi, kata Sudjarwo, jika harga BBM sudah naik, beban ekonomi buruh makin berat.
“Standar Upah Minimum Kabupaten (UMK) tidak lagi mencukupi kebutuhan hidup.  Oleh karena itu, kami menuntut penghasilan tambahan dari pihak perusahaan. Soal besarannya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan sebaiknya didialogkan dengan pekerja,” kata dia.
Namun demikian, untuk menentukan kelayakan besaran penghasilan tambahan tadi, pihaknya menunggu hasil survei kebutuhan hidup layak yang dilakukan pihak terkait, sampai setelah terjadi kenaikan harga BBM.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Temanggung, Suminar Budi, mengakui KHL bulan Januari dan Februari sudah di atas UMK. Artinya, beseran upah pekerja tak lagi mampu memenuhi untuk kebutuhan hidup layak. Berdasar survei di sejumlah pasar, KHL pada Januari dan Februari mencapai di atas Rp 900.000 sedangkan UMK 2012 ditetapkan Rp 866.000. UMK itu di atas KHL 2011 yang mencapai Rp 865.000.
“Dampak kenaikan harga BBM juga dirasakan pihak pengusaha. Oleh karena itu, kedua belah pihak harus bisa saling memahami. Kalaupun ada keinginan penghasilan tambahan, seyogianya tidak memberatkan pengusaha. Yang penting saling menguntungkan,” kata Budi.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

STREAMING VIDEO PORNO Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger